1. Tipe data biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat
ditampung oleh suatu variabel, umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang
sederhana (simple) maupun yang terstruktur. Apabila kita membutuhkan tipe data
yang belum tersedia, kita dapat mendefinisikan sendiri tipe data baru yang
disebut enumerated type.
2. Jenis-Jenis Tipe Data
1. Tipe Data Sederhana.
Merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program, meliputi:
a. Integer (Bilangan Bulat).
Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Misalkan untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), daripada sebagai longint(4 byte). Didalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa menggunakannya didalam programnya tanpa harus terlebih dahulu mendefinisikannya. Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112.
1. Tipe Data Sederhana.
Merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program, meliputi:
a. Integer (Bilangan Bulat).
Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Misalkan untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), daripada sebagai longint(4 byte). Didalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa menggunakannya didalam programnya tanpa harus terlebih dahulu mendefinisikannya. Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112.
B. Real (Bilangan Pecahan).
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific . Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific . Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.
d. Boolean (Logika)
Merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Turbo Pascal for Windows memiliki tiga macam jenis ini yaitu: Boolean,WordBool, dan LongBool. Tipe Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WordBool dan LongBool dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows.
3. Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data didalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.
4. Variabel adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu berubah.
Sedangkan,Konstanta adalah suatu
tempat untuk menampung data yang nilainya selalu tetap dan tidak pernah
berubah.
Konstanta adalah variabel yang
nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga
variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya
sepanjang program berjalan tidak berubahubah, maka sebuah varibel lebih baik
diperlakukan sebagai konstanta.
5. Variabel adalah nama yang
mewakili suatu elemen data seperti jenkel untuk jenis kelamin dan
sebagainya. sedangkan Konstanta adalah suatu nilai yang
tetap didalam program
6. Array adalah
sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan
nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karna
array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah
banyak dan terindeks.
7. Pengertian Stack atau Tumpukan adalah suatu stuktur data yang penting dalam
pemrograman yang mempunyai sifat LIFO (Last In First Out), Benda yang terakhir
masuk ke dalam stack akan menjadi benda pertama yang dikeluarkan dari
stack.
Stack (Tumpukan)
adalah list linier yang dikenali elemen puncaknya (TOP) dan Aturan penyisipan
dan penghapusan elemennya tertentu. Penyisipan selalu dilakukan “di atas“ TOP
dan Penghapusan selalu dilakukan pada TOP
OPERASI-OPERASI/FUNGSI STACK
Push : digunakan untuk menambah item pada stack pada tumpukan paling atas
Pop :
digunakan untuk mengambil item pada stack pada tumpukan paling atas
Clear :
digunakan untuk mengosongkan stack
IsEmpty : fungsi yang
digunakan untuk mengecek apakah stack sudah kosong
IsFull : fungsi
yang digunakan untuk mengecek apakah stack sudah penuh
8. Queue pada Struktur Data atau antrian adalah
sekumpulan data yang mana penambahan elemen hanya bisa dilakukan pada suatu
ujung disebut dengan sisibelakang(rear), dan penghapusan(pengambilan elemen)
dilakukan lewat ujung lain (disebut dengan sisi depan atau front).
Queue atau
antrian prinsip yang digunakan adalah “Masuk Pertama Keluar Pertama” atau FIFO
(First In First Out).
Queue atau
antrian banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, ex: antrian Mobil
diloket Tol, Antrian mahasiswa Mendaftar, dll. Contoh lain dalam bidang
komputer adalah pemakaian sistem komputer berbagi waktu(time-sharing computer
system) dimana ada sejumlah pemakai yang akan menggunakan sistem tersebut
secara serempak.
Pada Queue atau
antrian Terdapat satu buah pintu masuk di suatu ujung dan satu buah pintu
keluar di ujung satunya dimana membutuhkan variabel Head dan Tail (
depan/front, belakang/rear).
Karakteristik
Queue atau antrian :
1. elemen
antrian
2. front (elemen
terdepan antrian)
3. tail (elemen
terakhir)
4. jumlah elemen
pada antrian
5. status
antrian Operasi pada Queue atau antrian
1.
tambah(menambah item pada belakang antrian)
2. hapus
(menghapus elemen depan dari antrian)
3. kosong(
mendeteksi apakah pada antrian mengandung elemen atau tidak)
9. Tree merupakan salah satu bentuk
struktur data tidak linear yang menggambarkan
hubungan yang bersifat hirarki (hubungan one to many) antara elemen-elemen,
contoh penerapannya adalah ketika menggambar bagan silsilah keluarga, atau
struktur organisasi
10. graph adalah struktur yang menggambarkan relasi antar obyek dari sebuah
koleksi obyek. Contoh penerapannya adalah Contohnya informasi topologi dan
jarak antar kota di suatu pulau
0 komentar:
Posting Komentar